Google

peluang bagi anak medan menjadi anggota pilkada

Thursday, January 3, 2008

semua berita di ambil dari group STMIK & AMIK LOGIKA

Januari 2nd, 2008 in Opini
Medan ( Berita ) - DPRD Sumatera Utara membuka pendaftaran bagi anggota panitia pengawas pemilihan kepala daerah (panwas pilkada) menyusul segera akan dilangsungkannya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2008-2013.
Wakil Ketua Pansus Seleksi Penerimaan Anggota Panwas Pilkada Gubernur dan Wagub Sumut Periode 2008-2013, Edison Sianturi didampingi anggota H.Ahmad Ikhyar Hasibuan dan H.Nurdin Ahmad dalam siaran persnya di Medan, Selasa, menyebutkan, pendaftaran dibuka selama tiga hari mulai tanggal 2 Januari 2008.
Ia mengatakan bahwa DPRD Sumut telah menetapkan pihak Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tim seleksi penjaringan calon anggota panwas pilkada Sumut.
“Pendaftaran akan dibuka sampai 4 Januari 2008. Setelah pengumuman peserta seleksi pada 5 Januari, maka pelaksanaan psikotes yang meliputi ujian tertulis dan wawancara akan dilaksanakan 7 Januari 2008,” ujarnya.
Dijelaskan, sesuai dengan UU No 32 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2005 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, calon anggota panwas pilkada berasal dari unsur pergurun tinggi, unsur pers dan tokoh masyarakat. “Adapun persyaratan sesuai ketentuan pasal 107 ayat 1 PP No 6 tahun 2005 adalah sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter pemerintah, berhak memilih dan dipilih, berusia sekurang-kurangnya 30 tahun serta memiliki komitmen kuat menegakkan demokrasi,” kata Edison Sianturi.
Persyaratan lain yang diatur PP tersebut adalah, memiliki intergitas pribadi yang kuat, jujur dan adil, memiliki pengetahuan dan visi yang jelas tentang partai politik dan pemilihan umum serta memiliki kemampuan di bidang kepemimpinan. “Persyaratan selanjutnya, seorang anggota panwas pilkada tidak pernah dihukum penjara karena suatu urusan pidana,” katanya.
Menurut Ahmad Ikhyar Hasibuan, berhubung DPRD Sumut telah menetapkan pihak USU sebagai tim seleksi penjaringan, maka berkas persyaratan pendaftaran harus disampaikan langsung ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU di Kampus USU Medan di Jalan Dr Sofyan Medan. “Untuk informasi lebih lanjut silakan berhubungan langsung dengan pihak USU,” katanya.
Pada kesempatan itu ia juga mengimbau masyarakat agar turut serta berpartisipasi dalam mengawasi pilkada Sumut yang akan berlangsung 16 April 2008. “Harapan kita tentu agar pilkada yang dihasilkan ada pilkada yang demokratis serta jujur dan adil,” ujar Hasibuan. ( ant )

[get this widget]

0 comments: